Dosen Administrasi Publik UNY Konferensi di IAPA Padang

Padang, 26 Oktober 2023 - Dosen Administrasi Publik UNY melakukan perjalanan ke Padang, Sumatera Barat untuk berpartisipasi dalam Indonesian Association for Public Administration (IAPA) yang tahun ini diselenggarakan di kampus Universitas Andalas. Konferensi ini bertujuan untuk membahas isu-isu terkini dalam bidang administrasi publik, bertukar pengetahuan, serta mempromosikan kerja sama antarpeneliti dan akademisi. Konferensi ini dihadiri oleh dosen, peneliti, mahasiswa, dan praktisi administrasi publik dari berbagai negara di Asia. IAPA dilaksanakan selama 2 hari 26-27 Oktober 2023.

Pada Hari pertama berisi acara pembukaan dan workshop. Workshop Game Theory diikuti oleh Bapak Dwi Harsono, S.Sos., MPA., MA., PhD. Ibu Dr. Marita Ahdiyana, S.I.P., M.Si., Bapak Pandhu Yuanjaya, S.Sos., MPA., Ibu Titis Dewi Anggalini, S.Pd., S.I.P., MPA., Bapak Nainta Agustanta, S.E., M.Ak., dan Ibu Lutfia Septiningrum, S.Si.,M.Stat. Sedangkan Workshop Penelitian Kualitatif diikuti oleh Ibu Dra. Francisca Winarni, M.Si., dan Ibu Kurnia Nur Fitriana, S.I.P., MPA. Beberapa pembicara yang turut hadir dalam konferensi ini adalah Prof. Agus Pramusinto yang sekarang menjabat sebagai Ketua KASN, Kegiatan itu dihadiri langsung Jesse William Campbell, Ph.D (Editor Jurnal Studi Kebijakan Korea/Universitas Nasional Incheon), Dr. Mary Mangai (Universitas Pretoria), dan Dr. Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T. (Universitas Andalas). Selain workshop dan Meet and Greet, IAPA 2023 juga menghadirkan talkshow yang membahas isu-isu kebijakan publik dan birokrasi. Menurutnya, talkshow ini merupakan forum penting bagi peserta untuk memperdalam pemahamannya mengenai perkembangan kebijakan publik dan birokrasi. Dengan menghadirkan pembicara yang berpengalaman seperti Bupati Agam, Bupati Tanah Datar, dan Walikota Padang Panjang periode 2018-2023. Dalam menyampaikan materi, para pembicara membahas peran penting birokrasi pemerintahan dalam pembangunan masyarakat dan negara. Pada Hari pertama terdapat gala diner dimana terdapat beebrapa tarian adat padang sebagai bentuk penyambutan para undangan, seperti Tari Pasambahan dan Tari piring.

Pada Hari kedua terdapat presentasi dari dosen-dosen lokal dan panelis yang mengungkapkan hasil penelitian terbaru mereka dalam konteks administrasi publik di wilayah Indonesia. Salah satu sorotan utama dari konferensi ini adalah diskusi panel tentang " New Public Governance: Reflection on Administration Science”. Konferensi ini diharapkan akan memberikan wawasan yang berharga dan memicu kolaborasi antarpeneliti di bidang administrasi publik di Indonesia khususnya di UNY. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang untuk mempromosikan Kota Padang sebagai tuan rumah yang ramah bagi konferensi internasional.

Label Berita: