Manejemen

Deskripsi Buku: 

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi diperlukan seorang pemimpin yang biasanya disebut manajer. Dan kegiatan dalam sebuah perusahaan memerlukan suatu proses yang teratur. Ini disebut sebagai manajemen. Dalam melakukan proses manajemen tersebut kita harus memiliki pedoman dan tahu apa yang dimaksud dengan manajemen itu. Dalam hal ini, buku ini sangat pas untuk mempelajari tentang apa itu manajemen. Buku manajemen ini, didalamnya terdapat banyak materi yang bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang bagaimana manajemen tersebut. Buku ini terdiri dari 18 bab dimana bab-bab tersebut dibagi lagi menjadi 5 bagian. 5 bagian tersebut yaitu :

Pengantar Manajemen

Bab 1 : Pengertian Manajamen

Bab 2 : Manajemen dan Manajer

Bab 3 : Perkembangan Teori Manajemen

Bab 4 : Manajer dan Lingkungan Eksternal Organisasi

Perencanaan dan Pembuatan Keputusan

Bab 5 : Proses Perencanaan

Bab 6 : Penetapan Tujuan Organisasi

Bab 7 : Pembuatan Keputusan

Pengorganisasian dan Penyusunan Personalia Organisasi

Bab 8 : Pengorganisasian dan Struktur Organisasi

Bab 9 : Koordinasi dan Rentang Manajemen

Bab 10 : Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi

Bab 11 : Penyusunan Personalia Organisasi

Pengarahan dan Pengembangan Organisasi

Bab 12 : Motivasi

Bab 13 : Komunikasi dalam Organisasi

Bab 14 : Kepemimpinan

Bab 15 : Perubahan dan Pengembangan Organisasi

Bab 16 : Manajemen Konflik

Pengawasan

Bab 17 : Dasar-Dasar Proses Pengawasan

Bab 18 : Berbagai Teknik dan Metoda Pengawasan

 

Buku ini dikarang oleh T. Hani Handoko yang merupakan dosen fakultas ekonomi dari Universitas Gajah Mada.

Kelebihan:

Buku ini mudah untuk dipahami karena cara penulis untuk menjelaskan materinya sangat baik. Dan tulisannya jelas sehingga mudah dibaca.

Kekurangan :

Buku ini terkadang memiliki materi yang kurang lengkap sehingga saat mempelajarinya, buku ini harus didampingi oleh buku lainnya.

1. Pengarahan dan pengembangan organisasi

Dalam bagian ini menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan manajemen. Dengan adanya manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan, maka akan memudahkan pekerjaan yang ada di dalam suatu organisasi tersebut. Dimana dari banyaknya perusahaan manajemen pasti memiliki peranan yang sangat penting. Dan seorang manajer yang memimpin organisasi memiliki peran tugas yang penting pula. Pada bagian ini juga membahas tentang teori manajemen dan perkembangannya sampai saat ini. Serta pengaruh lingkungan luar organisasi yang tidak dapat dikendalikan oleh organisasi namun sangat berpengaruh terhadap jalannya organisasi tersebut.

2. PERENCANAAN DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN

Pda bagian ini terdapat 3 bab dimana isinya tentang proses perencanaan, penetapan tujuan organisasi dan bagaimana membuat keputusan.

3. PENGORGANISASIAN DAN PENYUSUNAN PERSONALIA
Dalam bagian ini membahas tentang struktur organisasi, dan koordinasi rentang manajemen. Wewenang, delegasi dan Desentrlisasi serta bagaimana penyusunan personalia organisasi.

4. PENGARAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI

Pada bagian ini terdapat 2 bab yang membahas tentang motivasi dan komunikasi dalam organisasi serta bagaimana kepemimpinan yang sebenernya dalam organisasi. Dan juga perubahan dan pengembangan organisasi. Dalam suatu organisasi pasti ada saja konflik atau masalah yang dihadapi. Pada bagian ini juga membahas tentang konflik dan upaya penyelesaiannya.

5. PENGAWASAN

Pada bagian ini juga terdapat 2 bab yang didalamnya membahas mengenai dasar – dasar proses pengawasan serta berbagai teknik dan metoda pengawasan.

Dari semua bab dalam buku ini, memang isi dari buku ini sangat penting untuk bagaimana kita menjalankan organisasi atau perusahaan yang memiliki struktur dan tujuan. Agar perusahaan dapat berjalan dengan seoptimal mungkin sehingga tujuan yang ingin diraih akan tercapai.