You are here
Manejemen
Primary tabs
Dalam sebuah perusahaan atau organisasi diperlukan seorang pemimpin yang biasanya disebut manajer. Dan kegiatan dalam sebuah perusahaan memerlukan suatu proses yang teratur. Ini disebut sebagai manajemen. Dalam melakukan proses manajemen tersebut kita harus memiliki pedoman dan tahu apa yang dimaksud dengan manajemen itu. Dalam hal ini, buku ini sangat pas untuk mempelajari tentang apa itu manajemen. Buku manajemen ini, didalamnya terdapat banyak materi yang bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang bagaimana manajemen tersebut. Buku ini terdiri dari 18 bab dimana bab-bab tersebut dibagi lagi menjadi 5 bagian. 5 bagian tersebut yaitu :
Pengantar Manajemen
Bab 1 : Pengertian Manajamen
Bab 2 : Manajemen dan Manajer
Bab 3 : Perkembangan Teori Manajemen
Bab 4 : Manajer dan Lingkungan Eksternal Organisasi
Perencanaan dan Pembuatan Keputusan
Bab 5 : Proses Perencanaan
Bab 6 : Penetapan Tujuan Organisasi
Bab 7 : Pembuatan Keputusan
Pengorganisasian dan Penyusunan Personalia Organisasi
Bab 8 : Pengorganisasian dan Struktur Organisasi
Bab 9 : Koordinasi dan Rentang Manajemen
Bab 10 : Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi
Bab 11 : Penyusunan Personalia Organisasi
Pengarahan dan Pengembangan Organisasi
Bab 12 : Motivasi
Bab 13 : Komunikasi dalam Organisasi
Bab 14 : Kepemimpinan
Bab 15 : Perubahan dan Pengembangan Organisasi
Bab 16 : Manajemen Konflik
Pengawasan
Bab 17 : Dasar-Dasar Proses Pengawasan
Bab 18 : Berbagai Teknik dan Metoda Pengawasan
Buku ini dikarang oleh T. Hani Handoko yang merupakan dosen fakultas ekonomi dari Universitas Gajah Mada.
Kelebihan:
Buku ini mudah untuk dipahami karena cara penulis untuk menjelaskan materinya sangat baik. Dan tulisannya jelas sehingga mudah dibaca.
Kekurangan :
Buku ini terkadang memiliki materi yang kurang lengkap sehingga saat mempelajarinya, buku ini harus didampingi oleh buku lainnya.
1. Pengarahan dan pengembangan organisasi
Dalam bagian ini menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan manajemen. Dengan adanya manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan, maka akan memudahkan pekerjaan yang ada di dalam suatu organisasi tersebut. Dimana dari banyaknya perusahaan manajemen pasti memiliki peranan yang sangat penting. Dan seorang manajer yang memimpin organisasi memiliki peran tugas yang penting pula. Pada bagian ini juga membahas tentang teori manajemen dan perkembangannya sampai saat ini. Serta pengaruh lingkungan luar organisasi yang tidak dapat dikendalikan oleh organisasi namun sangat berpengaruh terhadap jalannya organisasi tersebut.
2. PERENCANAAN DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN
Pda bagian ini terdapat 3 bab dimana isinya tentang proses perencanaan, penetapan tujuan organisasi dan bagaimana membuat keputusan.
3. PENGORGANISASIAN DAN PENYUSUNAN PERSONALIA
Dalam bagian ini membahas tentang struktur organisasi, dan koordinasi rentang manajemen. Wewenang, delegasi dan Desentrlisasi serta bagaimana penyusunan personalia organisasi.
4. PENGARAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI
Pada bagian ini terdapat 2 bab yang membahas tentang motivasi dan komunikasi dalam organisasi serta bagaimana kepemimpinan yang sebenernya dalam organisasi. Dan juga perubahan dan pengembangan organisasi. Dalam suatu organisasi pasti ada saja konflik atau masalah yang dihadapi. Pada bagian ini juga membahas tentang konflik dan upaya penyelesaiannya.
5. PENGAWASAN
Pada bagian ini juga terdapat 2 bab yang didalamnya membahas mengenai dasar – dasar proses pengawasan serta berbagai teknik dan metoda pengawasan.
Dari semua bab dalam buku ini, memang isi dari buku ini sangat penting untuk bagaimana kita menjalankan organisasi atau perusahaan yang memiliki struktur dan tujuan. Agar perusahaan dapat berjalan dengan seoptimal mungkin sehingga tujuan yang ingin diraih akan tercapai.
Kontak Kami
-Telp : 0274-548202 ext. 241
Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Sosial Lt.3 Sayap Barat
Copyright © 2024,