Pentingnya Studi Kebijakan Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Yogyakarta, 23 Oktober - Di tengah lanskap global yang cepat dan dinamis, studi kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam membentuk dan memberikan wawasan berbeda pada dunia Administrasi Publik. Lebih dari itu, mengintegrasikan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs) ke dalam dua bidang ini adalah kunci untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan.

Kebijakan Pariwisata:

Industri pariwisata telah menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi yang paling signifikan di seluruh dunia. Pemahaman kebijakan pariwisata yang komprehensif adalah esensial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan terwujudnya tujuan SDGs, termasuk pengentasan kemiskinan dan pelestarian lingkungan. Studi kebijakan pariwisata memungkinkan mahasiswa dalam (1) Mengembangkan Pariwisata Berkelanjutan, Dalam perkuliahan ini, perkuliahan berfokus pada pembelajaran berbasis siswa, dimana mahasiswa memahami cara merencanakan, mengelola, dan mempromosikan destinasi pariwisata dengan keberlanjutan sebagai inti, mendukung pencapaian tujuan SDGs.(2) Tidak hanya itu mahasiswa juga melakuka observasi tentang Pemberdayaan Masyarakat Lokal yaitu mengevaluasi proses Implementasi SDGs di sektor pariwisata mendorong partisipasi masyarakat dalam manajemen destinasi mereka dan pemberdayaan ekonomi lokal.(3)Keunggulan lain, mahasiswa juga mempelajari tentang Keseimbangan Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan menggunakan data analitik (bibliometrik, dan sentimen analisis) sehingga mampu menggambarkan keilmuan kebijakan pariwisata yang baik berkontribusi pada pencapaian tujuan SDGs yang mencakup ketimpangan sosial, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dan perlindungan lingkungan.

Kebijakan Ekonomi Kreatif:

Ekonomi kreatif adalah motor inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan pengembangan budaya. Integrasi prinsip SDGs ke dalam perkuliahan kebijakan ekonomi kreatif membantu menciptakan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Studi tentang kebijakan ekonomi kreatif memungkinkan mahasiswa dalam berinovasi untuk Pembangunan Berkelanjutan, Pemberdayaan Melalui Kreativitas, Meningkatkan Preservasi Budaya kepada mahasiswa. Studi kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berpusat pada SDGs bukan hanya menghasilkan lulusan yang siap untuk karier yang sukses, tetapi juga pembuat perubahan yang berperan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Kami percaya bahwa kombinasi pengetahuan dalam dua bidang ini adalah kunci untuk mencapai pertumbuhan yang inklusif, mengurangi ketidaksetaraan, dan melindungi lingkungan bagi generasi mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pentingnya studi kebijakan pariwisata, ekonomi kreatif, dan implementasi SDGs, silakan hubungi: administrasipublik@uny.ac.id atau humas_fis@uny.ac.id

Departemen Administrasi Publik, FISHIPOL, UNY adalah Universitas Pendidikan yang telah menyediaan pendidikan dan penelitian di bidang kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berfokus pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dengan komitmen untuk keunggulan akademik dan berkelanjutan, kami mempersiapkan mahasiswa untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara global.

Label Berita: